Berjilbab Dan Berhijab



Apasih berhijab itu?
Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, Allah SWT. dalam surat Al Ahzab ayat 59 memerintah kepada para shahabat Nabi Saw pada waktu mereka meminta suatu barang kepada istri-istri Nabi Saw untuk memintanya dari balik hijab (tutup). Jadi, jelas ya..hijab itu berarti umum, bisa berupa tirai pembatas, bisa berupa dinding, dll.


Sekarang apasih itu jilbab?
Sedang jilbab menurut Imam Qurthubi dalam tafsirnya  mengatakan; Jilbab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung), sedang yang benar menurutnya jilbab adalah kain yang menutup seluruh badan. Dalam Quran surah Al Ahzab ayat 59 yang artinya: “Wahai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mukmin: Hendaklah
mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal karena itu mereka tidak di ganggu.Dan Allah ia adalah maha pengampun dan penyayang.”(Al Ahzab.59).
Jadi antara berhijab dan berjilbab itu hampir sama, yang bisa di artikan menutupi. Tapi di jaman yang sekarang ini kita biasanya menyebut dengan kata-kata hijab, entah cuma ikut-ikutan temen-temen karena bisa disebut lagi trend pada masa ini. Terus sekarang buat apa kalau kita cuma menutupi rambut saja dengan kain kalau tidak di barengi dengan perilaku kita. Jaman sekarang banyak kita jumpai orang yang berhijab yang berperilaku kurang senonoh. Misal : sebut saja namanya Erni, “dia berhijab tapi dia juga berkata-kata yang kotor”. Karena dia berhijab tapi tak menghijabi perilakunya, jadi bagi temen-temen yang mau berhijab maka di barengi dengan niat dari dalam hati, bener-bener mau berhijab, bukan cuma menutupi rambut dengan kain tapi di barengi juga dengan merubah perilaku kita biar bisa menjadi yang lebih baik lagi.

0 comments:

Post a Comment

#